Resep Cara Memasak Pastel Pastry Bumbu Kari



Resep diadaptasikan dari buku 500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem Yang Paling Diminati - Beef Curry Pastel

Untuk 50 buah pastel, menggunakan cetakan pastel diameter + 8 cm

Bahan & bumbu isi pastel
- 500 gram wortel, potong dadu kecil, rebus hingga matang
- 500 gram kentang, potong dadu kecil, rendam air agar tidak berubah hitam selama kentang diiris. Rebus hingga empuk.
- 4 batang daun bawang, iris halus
- 2 batang daun seledri, cincang halus
- 250 gram daging ayam cincang

Bumbu:
- 5 siung bawang putih, cincang halus
- 7 siung bawang merah iris tipis
- 1 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok teh kaldu bubuk (jika suka)
- 2 1/2  sendok teh bumbu kari bubuk siap pakai
- 1 sendok makan garam
- 2 sendok makan gula pasir
- 1/2 sendok teh pala bubuk
- 1/2 sendok teh cengkeh bubuk
- 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan kulit pastel:

Bahan A (adonan air)
-500 gram tepung terigu serbaguna, contoh Segitiga Biru dari Bogasari
- 95 gram mentega
- 95 gram mentega putih
- 1 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh garam
- 230 gram air

Bahan B (adonan lemak)
- 300 gram tepung terigu serbaguna
- 80 gram mentega
- 80 gram mentega putih

Minyak untuk menggoreng pastel
Putih telur dari 1 butir telur, untuk merapatkan bagian tepi pastel

Cara membuat isi pastel:
Panaskan penggorengan, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum dan berubah transparan. Masukkan ayam cincang, aduk-aduk hingga ayam berubah warna. Tambahkan wortel, kentang, daun bawang dan seledri. Masukkan sisa bumbu yang lain. Kecilkan api kompor, aduk semua bahan hingga tercampur rata dengan bumbu. Cicipi rasanya. Masak dengan api sedang hingga air tumisan mengering. Angkat.


Cara membuat kulit pastel:
Bahan A
Siapkan mangkuk ukuran besar, masukkan tepung terigu, margarine dan mentega, dengan menggunakan pisau pastry campur adonan hingga tepung dan mentega berubah menjadi berbutir-butir.  Bisa juga menggunakan dua buah pisau atau spatula untuk mencacah adonan. Tambahkan air, aduk dengan spatula hingga menjadi adonan yang kalis. Diamkan selama + 15 menit. 


Bahan B
Dalam mangkuk sedang, masukkan semua bahan B, dengan pisau pastry campur adonan hingga menjadi butiran-butiran kecil. Sisihkan.


Bagi adonan A, menjadi 30 bola kecil masing-masing beratnya + 30 gram. Bagi juga adonan B, timbang masing-masing 15 gram. Bentuk menjadi bola.

Pipihkan adonan A di telapak tangan anda, letakkan adonan B diatasnya. Tutup adonan B dengan adonan A, bentuk bola dengan menggelindingkannnya di telapak tangan anda. Lakukan hingga semua bahan habis. 

Taburi permukaan meja atau talenan dengan sedikit tepung, gilas adonan dengan menggunakan tongkat penggilas kayu. Lipat bagian kiri-kanan, atas-bawah adonan, kemudian gilas tipis kembali. Ulangi sekali lagi. Hingga adonan cukup tipis dan halus untuk dicetak. 

Siapkan cetakan pastel, letakkan selembar adonan di atasnya berikan 1 sendok makan adonan isi. Olesi salah satu sisi adonan dengan menggunakan putih telur (dibagian adonan yang menempel pada mulut gerigi cetakan dimana bagian tersebut yang nantinya akan  menjadi tepi pastel). Katupkan cetakan, ambil sisa adonan yang tersisa. Tata pastel di atas loyang datar yang dialasi dengan plastik atau kertas baking. Lakukan hingga semua bahan habis.
Masukkan pastel ke dalam kulkas dan diamkan satu malam. 

Goreng pastel dengan minyak yang banyak sehingga minyak menutupi pastel, gunakan api kecil agar tidak cepat kecoklatan. Goreng hingga warnanya keemasan, angkat dan tiriskan. Letakkan pastel diatas loyang yang telah dialasi dengan tissue dapur agar minyak terserap.

Pastel siap dihidangkan dengan saus sambal atau cabai rawit.  Selamat Mencoba














Untuk melihat Cetakan Pastel yang Praktis klik Link dibawah ini :




Post a Comment

0 Comments