Perbedaan VX, Baking Powder dan Soda Kue



Terkadang kita bingung pada saat kapan kita memakai VX, Baking Powder dan Soda Kue Untuk itu Rinibaking mencoba mengulas 3 bahan ini agar sahabat Rinibaking tidak kebingungan lagi dalam pemakaiannya. .Yuk..kita simak ulasannya dibawah ini :


VX sama dengan Baking Powder, hanya kandungan bahan aktif VX lebih tinggi. Bahan ini selain sebagai bahan pengembang sekaligus pelembut kue, cepat mengeringkan, juga digunakan agar makanan tidak mudah berjamurVX kadang-kadang ditambahkan dalam proses pembuatan cake agar lebih mengembang. Kandungan kimia VX adalah sodium bicarbonat (NaHCO3), sodium acid picorofosfat, dan bahan pengisi seperti pati jagung. Berbentuk serbuk putih. Pengunaannya ½ sdt untuk 500 terigu. Campur dan ayak dengan tepung. Baking soda dan baking powder dapat menggantikan VX. 


BAKING POWDER
Adalah cake improver atau bahan pengembang (leavening agent) dalam pembuatan cake, bolu panggang, bolu kukus, cup cake, kue, pancake, cookies atau roti. Berupa bubuk berwarna putih. Baking Powder terbuat dari campuran soda kue dan cream of tartar. Bila dicampur dg cairan atau dipanaskan akan melepaskan karbondioksida (CO2). Komposisi kimianya adalah campuran sodium bicarbonat, sodium alumunium fosfat, dan monocalcium fosfat. Baking powder juga berisi inert seperti pati. Bahan berisi fat inert ini sengaja dicampur untuk menjaga agar komponen bahan baking powder tetap dalam keadaan baik. 
Baking powdwe digunakan jika ingin membuat kue tanpa telur. Penggunaannya 1/2 sdt untuk 500g terigu. 


SODA KUE (BAKING SODA atau SODIUM BICARBONAT)
Sebagai improver (pengembang) yang berbentuk bubuk putih, soda kue akan mempercepat proses pelepasan air dalam adonan dan menghasilkan gas kabondioksida (CO2) ketika dipanaskan, atau bertemu dengan cairan/asam. Proses ini menyebabkan terbentuknya rongga-rongga udara sehingga makanan yang dibuat akan lebih garing dan renyah (misalnya, cookies). Reaksi akan langsung terbentuk setelah bahan diaduk2, sehingga harus segera di oven karena bila tidak, daya kerja bahan ini tidak maksimal lagi. Penggunaan soda kue yang berlebihan akan berpengaruh pada cita rasa. Bahan ini bisa digunakan sebagai pengembang karena mengeluarkan gelembung gas saat adonan kue di goreng, kukus atau dipanggang. Baking soda bisa ditambahkan untuk membuat cake atau kue kering. Baking soda akan memperbaiki tekstur cake menjadi lebih berpori-pori dan jika ditambahkan di dalam adonan kue kering menjadikan tekstur garing, kering dan renyah. Digunakan jika ingin membuat kue pakai telur. Penggunaannya ½ sendok teh untuk 500g terigu.


Post a Comment

0 Comments