Perbedaan Jenis Roller Rolling Pin Berdasarkan Bahan Pembuatannya


Rolling pin sangat diperlukan terutama pada saat membuat olahan pastry atau kue. Alat penggiling ini pun terbuat dari berbagai jenis bahan. Rolling pin tidak bisa sembarangan digunakan untuk semua bahan terutama pada adonan kue yang bersifat lengket. Dilansir dari Wikihow, Kamis (30/7/2015) rolling pin dibedakan dari bahan pembuatannya yang memang memiliki perbedaan.

Rolling pin berbahan kayu
Alat penggiling yang terbuat dari bahan kayu termasuk yang klasik atau tradisional yang telah dibuat sejak lama. Berbagai kayu bisa digunakan untuk membuatnya, termasuk kayu dengan aroma khas seperti kayu pinus. Semakin besar ukuran alat penggiling ini maka semakin berat pula bobotnya. Tapi punya kelemahan pada adonan atau bahan yang memiliki tekstur lengket karena adonan akan menempel dan membuat bentuknya tidak bagus. Memang beberapa sengaja dibuat dengan kayu berminyak sehingga tidak mudah menempel pada adonan.

Rolling pin berbahan marmer
Rolling pin berbahan marmer mungkin jadi pilihan tepat ketika Anda ingin menggiling adonan kue kering. Pasalnya tidak menghantarkan panas sehingga tidak tidak merubah suhu adonan. Kelemahannya adalah alat penggiling ini memiliki bobot yang berat sehingga perlu berhati-hati ketika menggunakannya. Gunakan insting Anda jika tidak ingin mendapati adonan yang terlampau tipis. Harga yang dipatok untuk alat penggiling berbahan batu mewah ini tidaklah murah tetapi sebanding dengan kualitas dan juga daya tahannya.
Rolling pin berbahan stainless steel
Rolling pin yang satu ini banyak dipakai oleh para chef ketika membuat olahan pastry. Alat penggiling ini memiliki beberapa keunggulan antara lain bisa tetap di suhu dingin sehingga tidak memengaruhi suhu adonan. Keunggulan lainnya yakni lebih mudah dibersihkan, bahkan dengan cara hanya dilap saja.

Rolling pin berbahan plastik untuk dekorasi
Membuat dekorasi kue yang terbuat dari fondant atau marzipantentu membutuhkan rolling pin untuk menggilingnya. Namun alat penggiling yang dibutuhkan adalah alat khusus. Biasanya terbuat dari bahan silikon ataupun bahan plastik. Hal lain yang membedakan, alat penggiling ini tak hanya berfungsi untuk memipihkan bahan tetapi juga sekaligus menghiasnya. Bentuk bunga, hati atau kupu-kupu kerap dijadikan bentuk yang tertera pada alat ini.

        
Alat membuat kue (Foto:Theseasonedchef)

Untuk order rolling pin berbahan kayu silahkan klik link : https://rinibaking.blogspot.com/2015/08/rollerpenggilas-adonan-kayu.html 


Untuk order rolling pin berbahan plastik silahkan klik link
https://rinibaking.blogspot.com/2018/12/rolling-pin-plastik-roller-penggiling.html

Post a Comment

0 Comments