4 Bahan Pengganti Jika Tepung Maizena Tidak Ada


Tepung maizena adalah tepung yang terbuat dari jagung. Tepung ini umumnya berguna untuk membuat sup, saus, atau kuah masakan lainnya menjadi lebih kental atau fla sebagai pelengkap kudapan puding. Jika kehabisan tepung maizena ini pada saat memasak, sahabat rinibaking tidak perlu pusing lagi. Terdapat beberapa alternatif pengganti tepung maizena.

Berikut Rinibaking sharing infonya tentang tepung jenis lain yang dapat membantu Bunda membuat masakan menjadi lezat walaupun tanpa menggunakan maizena.

  1. Tepung beras
Tepung beras adalah salah satu jenis pengganti tepung maizena yang dapat Ibu gunakan. Untuk mengentalkan makanan dengan tepung beras, Ibu tidak dapat menyamakan takaran dengan tepung maizena. Tiap satu sendok makan tepung maizena dalam resep, Ibu perlu menggunakan tiga sendok makan tepung beras sebagai penggantinya.
  1. Tepung kanji
Tepung kanji merupakan nama lain dari tepung tapioka, yang terbuat dari saripati singkong. Jika Ibu ingin menggunakan tepung kanji sebagai pengganti tepung maizena, perhatikan takarannya. Sifat tepung kanji yang lengket akan menjadi serupa dengan lem apabila digunakan dalam jumlah yang terlalu banyak.
  1. Tepung terigu
Tahukah Ibu bahwa tepung terigu juga dapat mengentalkan makanan? Ya, terigu ternyata dapat menjadi alternatif pengganti tepung maizena. Namun, pemilihan tepung ini tetap perlu diperhatikan ya, Bu. Pilihlah tepung terigu serbaguna yang terbuat dari campuran tepung terigu berprotein rendah dan berprotein tinggi. Warna tepung terigu cenderung lebih keruh dibandingkan tepung maizena sehingga dapat mempengaruhi tampilan masakan yang Ibu buat.
  1. Tepung sagu
Jenis varian pengganti tepung maizena terakhir adalah tepung sagu. Tepung sagu terbuat dari saripati batang pohon sagu. Sama dengan maizena dan terigu, tepung sagu memiliki kandungan amilopektin yang berasal dari kandungan zat pati. Amilopektin yang ada dalam tepung tersebut akan menyerap cairan dari saus ataupun kuah apabila dipanaskan. Dengan proses penyerapan itulah, kuah atau saus menjadi kental.



Post a Comment

0 Comments